6 Fakta Unik Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya atau dalam bahasa latin Tabebuia heterophylla merupakan tanaman yang terkenal dengan tampilannya yang cantik dan menarik. Hal ini dikar

6 Fakta Unik Pohon Tabebuya (Sakuranya Indonesia)

Pohon Tabebuya atau dalam bahasa latin Tabebuia heterophylla merupakan tanaman yang terkenal dengan tampilannya yang cantik dan menarik. Hal ini dikarenakan bunga Tabebuya menarik perhatian karena warnanya yang cerah. Ada beberapa warna bunga yang bisa dihasilkan tanaman ini, antara lain kuning, merah muda, dan merah. Kota Surabaya selama ini memanfaatkan pohon Tabebuya sebagai tanaman hias di beberapa ruas jalan di kota.

6 Fakta Unik Pohon Tabebuya

Beberapa fakta unik tentang Tabebuya :

1. Berasal Dari Hutan Amazon

Pohon Tabebuya yang sekilas menyerupai bunga sakura Jepang ini bukan berasal dari Asia lo Sobat, melainkan dari Hutan Amazon Amerika. Tepatnya dari Brasil. Pohon ini dapat tumbuh dalam waktu yang relatif singkat. Antara 7 dan 19 bulan, pohon Tabebuya dapat tumbuh hingga ketinggian 4 meter.

2. Memiliki banyak nama sebutan

Pohon cantik ini memiliki berbagai nama, seperti pohon ipe pink. Selain itu, tanaman Tabebuya juga dikenal sebagai manjack merah untuk Shirasugi, Tecoma dan Eucalyptus. Banyak pilihan warna yang bisa menyesuaikan dengan suasana rumah Sobat Bangsa dan mempercantik tampilan rumah Sobat Bangsa.

3. Jenis pohon tabebuya beragam

Setidaknya ada 25 spesies asli dan 100 spesies pohon Tabebuya di dunia ini. Namun, bentuk bunga dari setiap jenis pohon Tabebuya biasanya sangat mirip. Warna bunga yang dihasilkan bervariasi dari merah muda atau pink, putih, kuning, magenta, orange hingga merah.

4. Dapat digunakan sebagai pupuk

Bagian dari pohon Tabebuya yaitu bunganya dapat digunakan sebagai pupuk alami. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Kumpulkan bunga Tabebuya yang jatuh ke tanah dan biarkan selama beberapa hari hingga membusuk. Setelah itu, bunga busuk siap digunakan sebagai pupuk. 

5. Ada banyak keuntungan

Pohon tabebuya tidak hanya terlihat indah, tetapi juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia. Bunga yang bisa diolah menjadi teh lapacho. Khasiat teh ini adalah dapat meredakan panas dalam dan peradangan serta mengeluarkan racun dalam tubuh untuk mencegah flu. Pohon ini digunakan tidak hanya untuk teh tetapi juga untuk perabotan rumah tangga. Contohnya lemari, rangka sofa, dan batang pohon yang bisa diolah menjadi meja kecil.

6. Penanamannya relatif mudah

Jika Sobat Bangsa bertekad untuk menanam pohon Tabebuya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menanam tanaman ini. Pohon Tabebuya merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah yang gersang, sehingga tidak perlu disiram setiap hari. Alih-alih memasok air, cukup letakkan pohon ipe di tempat yang mendapat banyak sinar matahari. Hal ini dikarenakan pohon ini tidak dapat tumbuh tanpa intensitas sinar matahari yang cukup. Dan pastikan Sobat Bangsa memiliki lahan yang cukup untuk memaksimalkan pertumbuhan pohon. Nah, itulah enam fakta unik tentang pohon Tabebuya yang bisa kamu ketahui. Apakah Sobat Bangsa ingin menanamnya di rumah?

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain