Daun Sembukan yang Menyembuhkan!

Daun Sembukan dalam bahasa Latin disebut Paederia Foetida, dan daun ini berasal dari India dan tumbuh dengan baik di iklim hangat. Orang Jawa menyebut

Daun Sembukan yang Menyembuhkan

Daun Sembukan dalam bahasa Latin disebut Paederia Foetida, dan daun ini berasal dari India dan tumbuh dengan baik di iklim hangat. Orang Jawa menyebut daun ini "Kesimbukan".

Daun ini juga dikenal sebagai daun kentutan. Tanaman atau daun ini disebut kentutan karena memiliki aroma yang sangat menyengat. Namun terlepas dari baunya, tanaman ini juga baik untuk kesehatan Sobat Bangsa. Daun sembukan telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan.

Daun Sembukan yang Menyembuhkan!

Secara tradisional, daun Paederia foetida sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Tapi bagaimana jika Sobat Bangsa melihatnya dari sudut pandang ilmiah? Saat ini, ada beberapa penelitian yang menyelidiki potensi manfaat daun obat untuk kesehatan. Namun, sebagian besar penelitian baru dilakukan pada hewan percobaan dan belum diuji secara langsung pada manusia. Beberapa potensi manfaat daun Paederia foetida yang sedang diteliti adalah:

1. Baik untuk gangguan pencernaan

Khasiat daun Paederia foetida yang paling terkenal adalah mengatasi berbagai masalah pencernaan. Secara tradisional, daun ini telah digunakan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan diare, sakit maag dan asam lambung. Selain itu, khasiat daun obat bagi kesehatan telah terbukti secara ilmiah. Daun ini telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-ulkus yang dapat melindungi lambung dari produksi asam yang berlebihan.

2. Melindungi hati

Ekstrak daun sembukan terbukti dapat mengobati organ hati hewan coba yang keracunan kronis. Tanaman ini juga memiliki khasiat lain yang dapat melindungi kesehatan hati dan mengurangi risiko penyakit dan dapat dipelajari lebih lanjut sebagai bahan dalam pengobatan disfungsi hati.

3. Dapat digunakan sebagai pereda batuk alami

Daun sembukan memiliki sifat anti inflamasi dan dapat dikembangkan sebagai obat batuk alami yang efektif, terutama untuk batuk kering. Bahkan, daunnya dianggap sama efektifnya dengan obat batuk yang dijual bebas. Namun, klaim ini hanya berasal dari percobaan yang masih dilakukan pada hewan. Ini berarti bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi keefektifannya pada manusia.

4. Pengobatan radang sendi

Konon daun sembukan memiliki potensi besar sebagai obat terapi radang sendi. Mengapa daun ini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Keuntungan ini telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian menggunakan hewan laboratorium. Sedangkan ramuan daun sembukan, secara tradisional digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis dengan mengoleskannya pada persendian yang sakit sampai sembuh total. Daun ini juga bisa direbus dengan nasi dan dikonsumsi selama satu atau dua hari untuk meredakan peradangan dari dalam.

5. Kaya akan antioksidan

Keunggulan daun sembukan lainnya adalah kandungan antioksidannya. Makanan yang mengandung antioksidan diketahui membawa berbagai manfaat bagi tubuh. Dari perlindungan dari penyakit kronis akibat paparan radikal bebas yang berlebihan hingga pencegahan penuaan kulit dini. Kandungan antioksidan daun sembukan berasal dari vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C telah lama dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang sehat.

6. Mengurangi risiko kanker

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan sampel jaringan kanker nasofaring, ekstrak daun sembukan berhasil menunjukkan sifat antikanker. Manfaat ini diyakini karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Dalam penelitian lain yang dilakukan pada tikus yang menderita leukemia limfositik, daun sembukan menunjukkan sifat antikanker yang sama.

Kesimpulan dan saran

Paederia foetida merupakan tanaman obat yang banyak digunakan di negara-negara dengan iklim hangat seperti Indonesia. Secara tradisional, khasiat daun yang juga dikenal sebagai daun kentutan atau sembukan telah dipercaya secara luas.

Namun, perlu diingat bahwa klaim manfaat di atas belum menjadikan daun sembukan sebagai bahan terapi utama. Jika Sobat Bangsa mengalami gejala kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter Sobat Bangsa sebelum mencari pengobatan alternatif. Meski ilmiah, sebagian besar penelitian yang dilakukan masih sebatas pengujian pada hewan.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain