Kentang Tumbuh Tunas? Jangan dibuang, Ini Solusinya!

Solusi Kentang Dapur Tumbuh Tunas - Pernah ga sih Teman-teman lupa punya kentang tua di dapur Teman-teman? Jika demikian, jangan dibuang! Teman-teman memiliki kentang prima yang akan menumbuhkan kembali kentang baru jika Teman-teman menanamnya.
 
Kentang Tumbuh Tunas? Jangan dibuang, Ini Solusinya!

Dari mempersiapkan dan menanam hingga merawat tanaman kentang baru Teman-teman, inilah semua yang perlu Teman-teman ketahui tentang trik berkebun yang bermanfaat dan sederhana ini.

Kentang Tumbuh Tunas

Menemukan kentang bertunas di dapur Teman-teman sangat ideal, terutama di awal musim semi. Percaya atau tidak, satu kentang yang sangat sedikit dapat menghasilkan banyak kentang hanya dalam beberapa bulan, dengan persiapan yang minimal.

Hal-hal seperti akar yang Teman-teman lihat di bagian luar umbi disebut "mata" atau "tunas", dan mereka tumbuh karena suatu alasan. Kentang secara alami cenderung berkembang biak dengan sendirinya, bahkan dalam kondisi pertumbuhan yang keras, seperti dapur atau wadah kentang Teman-teman.

Jadi, jika dapur Teman-teman menjadi terlalu hangat atau kentang terkena cahaya, itu memicu tumbuhnya, maka mata kecil berwarna putih (atau kadang-kadang, hijau atau merah). Untuk menghindari perkecambahan, sebaiknya simpan umbi Teman-teman di tempat yang gelap dan kering.

Teman-teman juga akan menemukan beberapa kentang tumbuh lebih banyak daripada yang lain. Jenis organik yang Teman-teman dapatkan dari pasar petani atau kebun seseorang tumbuh paling baik karena bebas dari perawatan dan tumbuh secara alami.

Kentang toko kelontong tidak selalu bertunas karena biasanya diperlakukan dengan penghambat kecambah yang, seperti yang mungkin Teman-teman tebak dari namanya, mencegah perkecambahan. Itu tidak berarti kentang supermarket tidak akan bertunas—mereka benar-benar tumbuh.

Cara Mempersiapkan dan Menanam Kentang Berkecambah

Mempersiapkan dan menanam kentang kecambah Teman-teman adalah proses yang cukup mudah, dan dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Pertama, pastikan Teman-teman menanam benih kentang tersebut pada waktu yang tepat dalam setahun, biasanya sekitar 2-4 minggu sebelum tanggal es terakhir di daerah Teman-teman.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Tembakau!  

Langkah 1: Siapkan kentang benih Teman-teman dengan memotongnya menjadi beberapa bagian seukuran telur, pastikan setiap bagian memiliki setidaknya satu atau dua "mata".

Langkah 2: Tempatkan potongan kentang benih Teman-teman di atas ambang jendela. Sinar matahari dan udara akan membantu permukaan yang lembab mengelupas dan mencegahnya membusuk.

Langkah 3: Setelah menggabungkan tanah pot Teman-teman, campuran tak dinodai, dan kompos, isi penanam besar sekitar 2/3 dengannya. Tempatkan kentang Teman-teman dengan sisi yang dipotong ke bawah dan sisi kecambah ke atas sekitar 10 inci. Teman-teman ingin mereka berada sekitar empat inci di bawah permukaan tanah.

Langkah 4: Tempatkan penanam Teman-teman di area yang menerima setidaknya enam jam sinar matahari penuh setiap hari. Tanaman Teman-teman juga membutuhkan sekitar 1-2 inci air per minggu .

Merawat Kentang

Kentang menyukai tanah dengan suhu setidaknya 45-55 derajat Fahrenheit, dan mendapat banyak sinar matahari penuh. Sekali lagi, mereka juga tidak akan tumbuh dengan baik di tanah yang terlalu jenuh. Menempelkan jari Teman-teman jauh ke dalam tanah akan memberi tahu Teman-teman apakah tanah itu basah. Jika terasa relatif kering, Teman-teman dapat melanjutkan dan menyiraminya, tetapi jika terasa sangat lembab, Teman-teman harus melewatkan satu hari.

Beberapa minggu setelah menanam kentang, Teman-teman akan melihat kecambah kecil mulai muncul. Setelah tanaman tumbuh setinggi beberapa inci, gunakan penggaruk tangan mini untuk membantu menimbun tanah. Hilling adalah bagian penting dari merawat tanaman kentang Teman-teman saat mereka tumbuh. Ini memastikan bahwa mereka akan tinggal jauh di bawah tanah dan keluar dari sinar matahari.

Baca Juga : Cara Budidaya Sayur Hidroponik!  

Saat tanaman kentang Teman-teman tumbuh, terus tarik lebih banyak tanah ke atas dan di sekitar pangkal setiap tanaman agar tetap tertutup dan tertopang. Teman-teman akan melakukan ini beberapa kali selama musim tanam saat tanaman semakin tinggi, tetapi Teman-teman dapat berhenti menumpuk saat tingginya sekitar enam inci.

Kapan dan Bagaimana Memanen Kentang

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sudah waktunya untuk menggali harta kentang yang dapat dimakan. Pertama bunga akan mekar, dan kedua, dedaunan akan mulai mati. Umumnya, sudah waktunya untuk memanen kentang baru (yang sengaja dipanen lebih awal karena ukurannya yang kecil dan kulitnya yang tipis) sekitar dua minggu setelah tanaman berhenti berbunga.

Kentang dewasa dapat dipanen sekitar dua minggu setelah daun tanaman mati. Setelah Teman-teman melihat daun tanaman mulai menguning, dan kemudian coklat, potong dedaunan. Biarkan kentang Teman-teman duduk selama 1-2 minggu lagi, lalu gali satu atau dua untuk diperiksa.

Baca Juga : Cara Merawat Anggrek!

Jika mereka cukup besar dan sehat, saatnya untuk mulai memanen!

Dengan garpu sekop , tekan ke dalam tanah setidaknya 8-12 inci dari tanaman Teman-teman, lalu dorong garpu ke atas untuk membantu melonggarkan tanah. Saat mengenakan sarung tangan berkebun Teman-teman , gali tanah dengan hati-hati dan cabut semua umbi yang indah itu.

Setelah Teman-teman memanen semua kentang, perbaiki dengan membiarkannya di tempat yang kering, sejuk, dan gelap selama 1-2 minggu lagi (ini akan membantu kentang bertahan lebih lama). Kemudian, cuci, kupas, masak, dan makan!


 


Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain