Mudah! Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Jika ingin membudidayakan jamur tiram di rumah dan memulai bisnis, Teman-teman perlu mengetahui cara menanam jamur tiram. Jika Sobat Bangsa memiliki p

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Layak untuk dicoba! Cara menanam jamur tiram di rumah

Cara mudah menanam jamur tiram yang bisa Sobat Bangsa praktekkan di rumah!

Jika ingin membudidayakan jamur tiram di rumah dan memulai bisnis, Teman-teman perlu mengetahui cara menanam jamur tiram. Jika Sobat Bangsa memiliki peluang bisnis, mengapa tidak memanfaatkannya, Teman-teman!

Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Mengetahui cara budidaya jamur tiram dapat dijadikan sebagai usaha tambahan jika diperlukan. Pada masa mendatang juga bisa menjadi sumber penghasilan utama untuk menopang perekonomian keluarga.

Aspek yang paling menguntungkan dari budidaya tiram adalah bahwa Indonesia dapat menjadi daerah pertumbuhan yang baik karena iklim tropis. Selain itu, Hiratake sendiri memiliki penggemar berat. Jamur Tiram dapat menjaga kekebalan tubuh

Manfaat jamur tiram sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di US National Library of Medicine, dikatakan bahwa kandungan beta glucan fiber yang dimiliki oleh jamur ini bisa menjadi memberikan efek antibakteri di tubuh kita. 

Sementara itu, dalam studi yang dilakukan pada tahun 2015, dikatakan bahwa mengkonsumsi ekstrak jamur tiram sebagai rutinitas harian meningkatkan imunitas. Ini karena bisa mengaktivasi IFNy. IFNy yang merupakan sebuah molekul penting untuk mencegah tubuh terserang infeksi. Jamur tiram sendiri banyak disukai masyarakat karena rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam variasi makanan. Usai mengetahui manfaat jamur tiram bagi imunitas, yuk ketahui cara budidayanya! Begini cara budidaya jamur tiram yang baik dan bisa dilakukan di rumah!

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah yang Sederhana

Cara budidaya jamur tiram tidak begitu sulit. Meski demikian, Teman-teman pastinya membutuhkan panduan yang perlu dijalani. Begini cara budidaya jamur tiram sederhana yang mudah!

Pemilihan Bibit Jamur Tiram yang Baik

Langkah awal yang menjadi penentu kesuksesan dalan cara budidaya jamur tiram adalah pemilihan bibit. Jangan sampai Teman-teman gagal dalam membudidayakan jamur tiram karena tidak memperhatikan bibit dengan kualitas terbaik. Jadi, ada baiknya Teman-teman membeli bibit terbaik dari petani jamur tiram yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam dunia budidaya jamur tiram.

Mempersiapkan Kumbung Jamur Tiram

Kumbung adalah rumah jamur yang terbuat dari bambu dan kayu. Kumbun ini memiliki keunggulan sebagai tempat yang sangat nyaman untuk menyimpan simpanan Sobat Bangsa dan menanam jamur. Dinding kumbung dapat ditempatkan dari atap papan dan genteng.

Dilansir dari Era Kini, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam cara budidaya jamur tiram;
  1. Faktor penting yang harus dijaga dalam kumbung adalah suhu serta kelembabannya.
  2. Suhu dan kelembaban yang sesuai sendiri akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan jamur yang optimal
  3. Rangka kumbung bisa dibuat dengan memanfaatkan kayu dan bambu. Dindingnya bisa dianyam dengan bambu atau papan, tetapi gordennya bisa dibuat dari ubin untuk menjaga suhu di dalam teman-teman tetap rendah.
  4. Hindari penggunaan asbes dan seng dalam produksi kumbun karena suhu internal akan naik.
  5. Tanah alami dapat digunakan untuk lantai. Tujuannya agar bisa menyerap air dengan sempurna saat disiram.
  6. Rak kumbung harus ditumpuk secara bertahap, seperti rak buku dan teman-teman-teman-teman. Rangka raknya sendiri bisa terbuat dari kayu dan bambu. Sobat Bangsa, buat satu rak sejajar dengan rak lainnya. Sisakan beberapa meter ruang untuk jalan dan koridor untuk kemudahan perawatan dan pemeliharaan.
  7. Buat rak Sobat Bangsa dengan tinggi sekitar 40 cm. Saya tidak akan melewatkannya.
  8. Tingkatan rak pun bisa dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan, misalnya 3 hingga 4 tingkat. Rak memiliki lebar 40 cm dengan jarang antar tingkatan rak satu meter.
  9. Setiap tingkatan rak tersebut bisa menampung kurang lebih 80 baglong jamur. Sesuaikan jumlah rak yang dibangun dengan jumlah baglong jamur.
  10. Ukuran kumbung jangan terlalu kecil atau terlalu lebar ya, Teman-teman. Umumnya 70 baglong per m2.
  11. Jadi,kalau Teman-teman Teman-teman ingin menanam 1.000 baglong, luas kumbung yang diperlukan paling tidak 1000 baglong : 7 = 15 m2. Oleh karena itu, bisa berukuran 3mx5m atau 2mx7.5m.
  12. Tidak hanya itu, arah angin dan oksigen juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhan jamur.

Mengenal Baglong Jamur

Mengapa kalian harus membeli baglong jamur? Kantong jamur long sendiri memang ditujukan untuk pemula. Jadi, sebaiknya Teman-teman menggunakan baglong siap dipakai untuk mempermudah cara budi daya jamur tiram. Baglong adalah sebuah media tanam yang diperuntukkan bagi jamur. Bentuk alat ini silinder dan dilapisi dengan plastik khusus. Di dalam baglong sendiri biasanya terdapat campuran serbuk gergaji dan bibit jamur tiram. Salah satu ujung baglong dilubangi sebagai tempat tumbuhnya jamur tiram.

Ada beberapa cara merawat baglong agar jamur tiram tumbuh dengan sempurna.
  1. Tempatkan tas secara horizontal dan putar lubang ke samping. Teman-teman juga bisa menumpuk long bag. Hal ini tidak menjadi masalah kecuali jika long bag berada pada posisi yang teratur dan terlalu berdekatan satu sama lain.
  2. Baglong itu sendiri dapat ditempatkan secara vertikal dan lubangnya menghadap ke atas. Sayangnya, metode ini dapat menghasilkan lebih banyak ruang rak daripada posisi horizontal.
  3. Jika Sobat Bangsa ingin menata secara vertikal, ada keuntungan yang bisa Sobat Bangsa tuangkan dengan mudah. Tidak hanya itu, ketika jamur tiram siap dipanen, para teman-teman akan lebih mudah dalam memanennya.
  4. Teman-teman harus meninggalkan tas selama 5 hari setelah merakitnya. Sekarang, setelah 5 hari, buka tutup tas yang berbentuk cincin dan kertas.
  5. Kemudian biarkan selama 3 hari lagi. Nah, jangan lakukan penyiraman dulu ya, Teman-teman. Penyiraman bisa dilakukan usai melewati masa 3 hari itu.
  6. Penyiraman pun dilakukan dengan menggunakan spray. Hindarilah penyuraman dalam bentuk tetesan air.
  7. Teman-teman bisa menggunakan sistem mist sebagai pengobatan jamur tiram. Perawatan kabut dapat membuat pertumbuhan jamur lebih sempurna.
  8. Siram jamur 2-3 kali sehari

Mensterilkan Jamur Tiram

Langkah selanjutnya dalam budidaya tiram adalah proses sterilisasi. Proses ini membutuhkan beberapa drum. Drum pertama dapat diisi air sekitar 30-50 cm dari dasar drum. Maka ini adalah proses selanjutnya.
  1. Panaskan air di dalam drum sampai uapnya keluar. Jika sudah tutup drumnya.
  2. Drum juga perlu dilubangi dan disambungkan dengan selang besar. Hal itu diperlukan untuk menghubungkannya dengan drum kedua.
  3. Sekarang, aliran uap masuk ke drum kedua dari bawah. Karena itu, Sobat Bangsa dapat menutupi bagian atas dengan pengencang yang memiliki lubang untuk menempel pada drum ketiga. 4. Lakukan hal yang sama untuk drum dan teman-teman ketiga dan selanjutnya.
  4. Untuk drum terakhir, siapkan plastik yang diikat dengan tali. Jangan pakai setrika ya mom, karena akan berdampak besar pada hasil cetak. Vaksinasi panjang serangga Hiratake

Proses penaburan

  1. Dalam proses ini, jamur dibiarkan selama 24 jam untuk kembali ke suhu kamar.
  2. Selain itu, sirkulasi udara di area tanam bekerja dengan baik untuk mencegah baglong lama terkontaminasi bakteri.
  3. Teman-teman juga perlu menyiapkan botol benih F3 kemudian disemprot dengan alkohol.
  4. Selanjutnya, tiup toples hingga kapas terbakar, lalu padamkan api.
  5. Kemudian buka sumbat kapas di dalam botol dan aduk dengan yang sudah disterilkan di atas api.
  6. Tahap akhir inokulasi adalah memindahkan benih dari kantong ke garis leher dan membungkusnya kembali dengan kapas. Saatnya memanen jamur tiram

Proses Panen jamur

Biasanya, jamur ini siap dipanen dalam waktu sebulan. Penting untuk diketahui teman-temanmu, jangan memanen jamur ini dengan tangan kosong!

Memanen jamur ini dengan tangan kosong dapat melukai kulit dan menyebabkan jamur membusuk. Jamur dipanen dengan pisau tajam. Potong akar batang dan masukkan ke dalam keranjang. Teman-teman bahkan tidak membersihkan jamur di ruang tumbuh, oke!

Masukkan kemasannya sendiri ke dalam wadah plastik bening. Jangan mengisi plastik terlalu banyak karena dapat menghasilkan gas. Juga, tutup rapat kunbun agar tidak mengganggu tempat tumbuh jamur, dan menghalangi cahaya.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain