10 Tren Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022!

Tren Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022! - Tidak hanya industri fashion yang mengalami tren setiap tahunnya, namun juga tren bisnis yang dim
Tren Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022! - Tidak hanya industri fashion yang mengalami tren setiap tahunnya, namun juga tren bisnis yang diminati anak muda di tahun 2022. 

10 Tren Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022!

Sektor ekonomi khususnya dunia usaha dan bisnis sedang mengalami tren dan prospek yang menjanjikan. Anak muda sebagai generasi penerus bangsa mulai menaruh perhatian pada perkembangan bisnis saat ini. 

Oleh karena itu, tak heran jika banyak bermunculan tren bisnis yang unik dan menarik, terutama yang digemari kaum milenial saat ini. Penjualan yang ditawarkan juga sangat menjanjikan sehingga berdampak signifikan terhadap pertumbuhan wirausahawan di tanah air. 

Para pengusaha muda ini sedang memikirkan warna-warna baru untuk menciptakan kreativitas yang dapat diterima oleh kaum milenial. Bukan berarti jalannya selalu “halus”, namun setiap pengusaha menghadapi persaingan yang harus dihadapinya. 

Para ekonom pun beranggapan bahwa tren bisnis di kalangan anak muda akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Beberapa tren bisnis tersebut dijelaskan di bawah ini. Jadi, jika Sobat Bangsa sedang mencari ide untuk mengembangkan bisnis yang dapat diterima oleh anak muda, itu mudah untuk diikuti. 

Jadi apa tren bisnis yang Sobat Bangsa cari? Dibawah ini ringkasan rekomendasinya! 

Jenis tren Bisnis yang Diminati Anak Muda Saat Ini

1. Tren Bisnis Jasa Internet Marketing

Merebaknya bisnis online di Indonesia merupakan peluang bisnis lain bagi mereka yang akrab dengan bidang internet marketing. Bisnis online kini berkembang menjadi tren bisnis unik di kalangan anak muda. 

Banyak pengusaha baru bermunculan, dimulai dengan menyebarluaskan informasi melalui media sosial. Rupanya, trading yang hanya menyebar melalui media sosial saja tidak cukup karena membutuhkan tim yang berdedikasi agar transaksi berjalan sesuai rencana. 

Misalnya, pembuat konten diperlukan untuk mengonsep akun media sosial, desainer visual, copywriter, dan siapa saja yang dapat membuka akun bisnis melalui iklan Instagram dan Facebook. Tidak semua orang bisa mempertahankan posisi ini. Oleh karena itu, jika Sobat Bangsa seorang ahli lompat media sosial, Sobat Bangsa bisa memanfaatkan peluang di atas sebagai lahan bisnis. 

Klien yang membutuhkan jasa internet marketing biasanya adalah perusahaan yang ingin mempromosikan produk dan selebritinya agar dikenal masyarakat luas. 

2. Bisnis Tur dan Perjalanan

Bagi mereka yang bepergian dan suka bepergian, ini bisa menjadi kesepakatan yang menjanjikan. Tour atau perjalanan ini sedang menjadi tren unik di kalangan anak muda. Banyaknya wisatawan asing dan lokal merupakan peluang untuk membantu mereka mewujudkan impian mengunjungi tempat-tempat favorit. 

Tentunya untuk memulai bisnis ini, Sobat Bangsa membutuhkan jaringan akomodasi, transportasi, destinasi wisata, dan lain sebagainya yang cukup kuat. Untuk memudahkan dalam menawarkan paket perjalanan besar, Sobat Bangsa bisa mengunjungi sekolah, perusahaan, atau instansi yang biasanya membutuhkan terlebih dahulu.

3. Bisnis Kedai kopi

Anak muda dari zaman dulu hingga sekarang pasti punya tempat untuk bertemu teman-temannya. Mereka biasanya lebih memilih kafe dimana produk yang dijual tidak terlalu mahal. Seiring berjalannya waktu, kafe tersebut berubah menjadi kafe yang menawan dan nyaman. Biasanya perbedaan juga terletak pada lokasi, layanan kopi, dan fasilitas. 

Hal ini tentunya membuat kedai kopi menjadi trend bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Selain digunakan sebagai tempat hang out, kafe biasanya memiliki WiFi untuk terhubung dengan internet. Selain WiFi, kafe ini didesain semenarik mungkin agar pengunjung tetap nyaman. 

4. Bisnis Katering

Saat ini, restoran dan toko kelontong telah menjadi bisnis yang trendi. Banyak anak muda zaman sekarang yang sebenarnya sangat kreatif dalam mengolah makanan, sehingga membangkitkan rasa penasaran mereka. Uniknya, makanan trendi merupakan perpaduan antara makanan tradisional yang dikemas lebih menarik dan profil cita rasa kekinian. 

Misalnya saja keripik singkong yang belakangan ini meroket dengan rasa pedasnya yang menggugah selera. Tidak hanya kembali ke makanan lama, tetapi namanya yang unik telah membuat industri kuliner menjadi tren. Contohnya termasuk mie setan, mie melapi, dan steak tempat tidur. Memasarkan makanan ini sangat mudah karena bisa menggunakan media sosial. 

Selain media sosial, pemasaran kuliner kini sangat unik melalui penggunaan food truck. Truk makanan adalah mobil truk yang telah dimodifikasi untuk menjual makanan. Destinasi dapat berubah tergantung permintaan event dan pecinta kuliner. Tren bisnis kuliner ini diharapkan terus berkembang seiring kreativitas anak muda masa kini. 

5. Pengembang Perangkat Lunak

Jika Sobat Bangsa memiliki bakat untuk pemrograman, berbahagialah karena Sobat Bangsa dapat menggunakannya sebagai bisnis. Banyaknya perusahaan dan instansi yang membutuhkan bantuan developer untuk membangun dan memprogram website membuat bisnis ini menjadi trend di kalangan anak muda. 

Bisnis ini tergolong baru karena menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, para pelaku bisnis adalah anak-anak muda yang bahagia di dunia ini. Untuk memulai bisnis ini, Sobat Bangsa bisa memulainya dengan membuat portofolio dengan menunjukkan keahlian dan pekerjaan yang telah Sobat Bangsa lakukan. Sobat Bangsa juga bisa melamar melalui media sosial agar bisa dikenal di Indonesia dan di seluruh dunia. 

6. Desain Grafis

Bagi yang suka membuat desain, khususnya desain grafis, silakan bergembira karena ini adalah tren bisnis di kalangan anak muda saat ini. Bisnis ini merupakan jenis bisnis yang berbasis kreativitas. Banyak perusahaan dan instansi membutuhkan jasa desainer grafis untuk memvisualisasikan produk yang mereka luncurkan. Hasil desain tersebut biasanya digunakan dalam promosi untuk mendorong calon konsumen membeli produk tersebut. Selain itu, Sobat Bangsa memerlukan seorang desainer grafis untuk membuat logo atau ikon perusahaan Sobat Bangsa. Dengan berkembangnya teknologi modern ini, tentu bisnis ini sangat menjanjikan.

7. Wedding Organizer

Beberapa bulan lalu, jejaring sosial Indonesia dengan tagar #antiweekendclub menjadi perbincangan hangat. Ternyata, hashtag tersebut digunakan oleh tim yang tergabung dalam wedding organizer. Seperti diketahui, hari Sabtu dan Minggu tidak hanya penuh dengan kegiatan liburan, tapi juga ikut dalam undangan pernikahan. 

Tentu saja, orang yang sudah menikah membutuhkan tim untuk mengatur segala kebutuhannya, mulai dari mengundang tamu hingga acara, konsumsi, dan perlengkapan untuk pengantin. Biasanya, tim yang dimaksud adalah bagian dari manajemen wedding organizer. 

Saat ini, WO sedang menjadi trend bisnis saat ini dan banyak tuntutan pada calon pengantin untuk mengadakan pesta pernikahan. Jaringan adalah aset utama untuk memulai tempat pernikahan. Ini akan membantu calon pengantin menemukan vendor yang sempurna untuk pernikahan impian mereka. Selain itu, Sobat Bangsa membutuhkan tim yang solid untuk menjadi wedding organizer yang hSobat Bangsal. 

8. Toko Busana

Bisnis fashion saat ini sedang menjadi trend. Baik fashion anak-anak, wanita maupun pria, toko ini masih banyak diminati. Hal ini masuk akal, mengingat fashion sendiri merupakan kebutuhan utama seseorang layaknya sebuah perusahaan kuliner. 

Jika Sobat Bangsa ingin memasuki bisnis ini, tentukan terlebih dahulu target pasar Sobat Bangsa sebelum memulai. Selain itu, bisnis fashion juga beragam sehingga lebih fokus. Misalnya, jika targetnya adalah wanita berhijab, maka barang yang dijual mungkin terkait dengan fashion hijab seperti gamis, pasmina, kerudung panjang, dan tunik. Bahkan jika Sobat Bangsa membuka toko fashion, model pakaian modis perlu diperbarui setiap tahun. 

Tren bisnis fashion ini pasti akan berkembang dan menjadi bisnis yang paling menjanjikan. Untuk pemasaran, Sobat Bangsa bisa menggunakan media sosial atau mengikuti bazar fashion tertentu.

9. Bisnis PPOB

Perusahaan yang dikenal dengan Payment Point Online Bank atau PPOB adalah perusahaan yang menawarkan berbagai macam transaksi virtual. Misalnya, pembayaran cicilan sepeda motor, pengisian saldo Gopay, pembayaran listrik, pinjaman, pembelian tiket pesawat dan kereta api, pengisian voucher game, dan lain sebagainya. 

Bisnis ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda karena tidak membutuhkan modal yang cukup. Modal yang dibutuhkan cukup untuk memiliki smartphone Android, Sobat Bangsa sudah bisa membuka bisnis ini. Seiring berkembangnya bisnis ini dan dikenal masyarakat luas, laptop dan printer juga bisa digunakan untuk mempercepat aktivitas transaksi. Uniknya, bisnis ini bisa dijalankan kapan saja, di mana saja. 

Oleh karena itu, Sobat Bangsa tidak perlu menyewa ruko atau toko untuk membuka usaha ini. Bisnis ini ada dengan banyak orang yang ingin berdagang dengan mudah, cepat dan mudah. 

10. Bisnis Pelatihan Online.

Pelatihan online kini menjadi trend bisnis di kalangan anak muda. Hal ini disebabkan oleh semakin meningkatnya penggunaan teknologi di zaman modern ini. Dalam kehidupan saya yang sibuk, saya lebih suka belajar online daripada menghadiri acara. 

Pelatihan online ini biasanya mencakup pelatihan online dalam menulis, bisnis, pemasaran, dan banyak lagi. “Ruang” fasilitas online ini biasanya menggunakan media sosial seperti WhatsApp, grup Facebook, dan webing. Karena ini adalah pelatihan online, peserta pelatihan berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Para peserta pun akan menerima video, e-book, & materi lainnya pada bentuk pdf ataupun word.

Maraknya usaha training online, sebagai animo tersendiri pada jaman kini sebagai akibatnya masuk ke pada usaha yg menjanjikan.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain