5 Langkah Membuat Bonsai Kelapa Mini

Bonsai adalah seni budidaya yang semakin populer bagi pecinta tanaman hias. Tidak hanya bisa menjadi bentuk yang unik, tetapi juga bisa menjadi peluan

5 Langkah Membuat Bonsai Kelapa Imut

Bonsai Kelapa Mini - Bonsai adalah seni budidaya yang semakin populer bagi pecinta tanaman hias. Tidak hanya bisa menjadi bentuk yang unik, tetapi juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai, salah satunya adalah pohon kelapa.

5 Langkah Membuat Bonsai Kelapa

Sobat Bangsa bisa mengubah pohon kelapa menjadi bonsai kelapa bercabang atau bonsai kelapa mini. Bonsai ini pada dasarnya adalah pohon kelapa dan menarik banyak peminat karena tumbuh dengan berdiri tegak.

Membuat tanaman raksasa ini menjadi lebih kecil tentu tidak mudah, sehingga bonsai kelapa bercabang dapat dijual dengan harga eceran yang sangat bagus. Namun bagi para kolektor bonsai, hal ini tidak sepenuhnya menjadi kendala untuk memilikinya. Berapapun harganya, mereka tetap akan membelinya. 

Lalu bagaimana jika ingin punya bonsai kelapa ini tapi terkendala biaya?

Sobat Bangsa tidak perlu khawatir. Pada artikel ini, kami akan membagikan pengetahuan kami tentang cara membuat bonsai kelapa. Nah, ada beberapa cara yang perlu Sobat Bangsa lakukan untuk membuat bonsai kelapa. Oleh karena itu, silahkan baca prosedurnya dengan seksama saat menanam bonsai kelapa. Cara menanam bonsai kelapa

Bonsai sendiri merupakan teknik budidaya berukuran kecil dan sedang, namun tetap mempertahankan bentuk aslinya. Begitu juga dengan bonsai kelapa. 
Sekarang lihat langkah-langkah cara membuat bonsai kelapa sendiri.

1. Pilih jenis bonsai kelapa

Sama seperti menanam tanaman pada umumnya, untuk bonsai kelapa yang baik harus berasal dari biji yang berkualitas. Jenis pohon kelapa yang populer untuk bonsai adalah kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino.

2. Pemilihan bibit bonsai kelapa

Kriteria penentuan bibit bonsai kelapa yang dapat digunakan adalah yang berasal dari kelapa tua. Bibit buah harus dipetik langsung dari pohonnya dan tidak boleh dijatuhkan dari pohonnya. Sobat Bangsa harus memilih kelapa yang memiliki banyak akar dan tempurung yang lebih kecil daripada kelapa biasa.

3. Penempatan batok kelapa

Tunas kelapa umumnya tumbuh antara minggu ke-2 dan ke-3. Anakan vertikal memiliki cangkang yang dikelilingi oleh akar, jadi perhatian khusus harus diberikan pada penempatan anakan. Sebaliknya, biji kelapa yang ditempatkan secara horizontal tumbuh seperti keong sebesar itu.

4. Bersihkan sabut

Setelah kecambah kelapa tumbuh sempurna, batok kelapa harus dibersihkan terlebih dahulu. Sobat Bangsa bisa mengupas dan membersihkan kelapa. Sayatan harus ditekan secara vertikal di sekitar cangkang. Lakukan pemotongan secara perlahan agar tidak mengganggu perkembangan kecambah kelapa baru.

5. Bersihkan rambut halus di mangkuk

Setelah sabut kelapa dibersihkan dengan benar, bersihkan rambut halus di tempurung kelapa. Gunakan pisau tajam hingga bersih, lalu ratakan perlahan dengan amplas.

6. Tanaman pada media tanam

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tumbuh untuk bonsai kelapa. Sobat Bangsa bisa menggunakan pot yang diisi dengan campuran tanah, air, dan pupuk 2:1:1. Siapkan sebotol air mineral untuk menutupi kecambah baru yang muncul. Potong tutup botol sekitar 5 cm. Penanaman sebaiknya dilakukan secara perlahan agar akar pucuk tidak mudah rusak. Kemudian letakkan tempurung kelapa dalam posisi miring untuk pertumbuhan kelapa yang optimal.

7. Pembentukan bonsai kelapa

Bila bibit bonsai yang dibudidayakan berukuran sekitar 15 sampai 20 cm, potong bagian bawahnya agar tidak busuk. Sayatan dapat dilakukan tiga kali secara teratur. Kemudian, untuk membentuk tanaman kelapa mini menjadi bentuk yang indah, kemudian ikat dengan tali kawat yang menyesuaikan tanaman kelapa dengan bentuk yang diharapkan. Ikat ujung cabang ke akar tanaman kelapa. Sobat Bangsa juga dapat memotong bagian yang tidak perlu dan membentuknya.

8. Merawat bonsai kelapa

Perawatan bonsai ini sangat mudah dengan air, pupuk dan penyerapan sinar matahari yang cukup. Siram tanaman sekali sehari sampai lembab, tetapi jangan terlalu basah selama proses penyiraman. Pemupukan dapat dilakukan setiap dua minggu sekali untuk menutupi kebutuhan hara tanaman. Untuk melindungi bonsai kelapa Sobat Bangsa dari hama dan penyakit, Sobat Bangsa dapat menggunakan pestisida dan herbisida yang cocok untuk bonsai.

Inilah yang dapat saya informasikan tentang menanam bonsai kelapa mini. Jika Sobat Bangsa serius ingin menanam bonsai kelapa, ikuti langkah-langkah ini dengan benar dan usahakan mendapatkan hasil yang Sobat Bangsa harapkan. Hal inilah yang disampaikan dengan membahas cara menanam kelapa. Terima kasih banyak atas bonsainya.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain