Keberagaman Bangsa : Dampak Positif dan Negatifnya!

Pengaruh Adanya Keberagaman di Indonesia - Bagaimana keragaman masyarakat Indonesia mempengaruhi pola perilaku masyarakat Indonesia dalam kehidupan se
Pengaruh Adanya Keberagaman di Indonesia - Bagaimana keragaman masyarakat Indonesia mempengaruhi pola perilaku masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari orang-orang di sekitarnya? Jika dampak dari keberagaman ini berasal dari dampak positif dan negatif yang ada terhadap keberlangsungan masyarakat, simak baik-baik berikut ini. 

Keberagaman Bangsa : Dampak Positif dan Negatifnya!

Pahami apa itu keragaman

Ribuan pulau, kelompok etnis, adat istiadat, dan ciri geografis kebiasaan menjadikan Indonesia sebagai negara dunia. Ada berbagai macam. Padahal, setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Dimulai dengan ritual, tradisi, kesenian, tarian, lagu daerah, dan identitas berbagai ciri yang menjadi identitas daerah. Faktanya, hampir setiap suku, kelompok etnis, kelompok, atau kelas memiliki identitasnya sendiri, yang menjadi ciri khas semua masyarakat.
 
Misalnya, dalam hal pernikahan, cara beribadah, kepercayaan dan kepercayaan memiliki tradisi dan ritual yang berbeda. Oleh karena itu, Indonesia tidak dapat dipisahkan dari keragaman negara yang ada pada setiap masyarakatnya.
 
Jadi beberapa orang bertanya apa itu keragaman. Pengertian keberagaman adalah suatu kondisi dimana masyarakat hidup dalam perbedaanperbedaan. Mulai dari berbeda dari segi bahasa yang digunakan seharihari, hingga pada perbedaan dalam melakukan tradisi dan upacara serta budaya yang diyakini.

Dengan demikian, kesimpulannya dapat kita tegaskan bahwa keberagaman adalah suatu keadaan yang mana memperlihatkan dan menunjukkan adanya perbedaan. Yang mana perbedaan itu memang cukup signifikan dan bermacammacam maupun berbagai jenis bentuk dari keberagaman di dalam masyarakat.
Lalu apa saja pengaruh dari keberagaman yang ada pada masyarakat Indonesia di dalam mejalankan kehidupannya sehari-hari ? 

 Mari simak dibawah ini penjelasan dan pembahasan serta pemahamannya mengenai keberagaman masyarakat Indonesia. 

Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia

Apa pengaruh keberagaman masyarakat Indonesia terhadap Indonesia ? Mulai dari pengaruh positif dapat terbentuknya integrasi sosial, mendorong untuk memajukan daerah. Kemudian, membuat setiap individu sadar akan persatuan dan kesatuan bangsa yang beranekaragam tersebut.
 
Selanjutnya, pengaruh negatif adanya keberagaman yaitu mulai dari menimbulkan perpecahan, pergesekan atau konflik antar suku, etnis, kelompok, golongan, dan agama, serta lainnya.
Oleh karena itu, dapat mempercepat terjadinya konflik agama, ras, atau antar golongan karena yang mudah dipicu.
 
Misalnya mata pelajaran SARA (suku, ras, agama, antar golongan). Masih adanya rasa identitas yang kuat di antara semua individu dalam masyarakat Indonesia. Selanjutnya, mari kita simak penjelasan singkat berikut ini, beserta penjelasan detailnya. Mari kita membaca. 

Dampak positif

Apa dampak positif keberagaman bagi masyarakat Indonesia? Mulai dari adanya integrasi sosial, mendorong untuk menjadi sarana dalam memajukan pergaulan antar suku, budaya, agama, dan etnis atau golongan di masyarakat. Selanjutnya, untuk memperbanyak dan memperkaya suatu Khazanah Budaya Bangsa Indonesia di mata dunia, mendatangkan keuntungan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Berikut dibawah ini untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai pengaruh positif dari keberagaman masyarakat di Indonesia yaitu :

Terbentuknya Integrasi Nasional antar Masyarakat

Masyarakat yang beragam jenis dan macam macam seperti perbedaan suku, ras, agama, antar golongan, kelompok di Indonesia. Ternyata dapat menciptakan integritas sosial atau integrasi nasional, dimana setiap individu akan menyadari keberadaannya.

Yang saling berbeda untuk satu kesatuan dan mencapai konsensus atau kesepatan untuk tidak terjadinya ketegangan di dalam masyarakat.

Berikut dampak positif kehidupan masyarakat terhadap adanya keragaman sosial, terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. 

Mempromosikan kreativitas dan inovasi

Keberagaman antar masyarakat juga dapat menjadi wahana untuk memfasilitasi dan mendukung pembangunan. Tidak hanya mempromosikan lingkungan di mana masyarakat tinggal, tetapi juga mempromosikan suku, budaya, suku, agama, kelompok, ras, dan banyak lagi. Beragam kreativitas dan inovasi terlihat di masyarakat dan dapat saling berkontribusi dalam setiap pembangunan daerah masing-masing. 

Mungkin itu keunikan bangsa Indonesia

Di sinilah pesona dan karakter, serta keunikan keragaman kehidupan masyarakat. Yang kita ketahui adalah bahwa budaya ada sebagai identitas dan memiliki hak milik yang tidak dapat disalahgunakan atau diakui oleh negara lain.
 
Oleh karena itu, ada yang disingkat WBTB, juga dikenal sebagai benda budaya, atau warisan budaya takbenda. Beberapa orang yang memiliki warisan budaya mengajukan paten dan hak cipta ke lembaga terkait dan memverifikasinya di tingkat global dan nasional. 

Menghasilkan keuntungan dalam industri pariwisata

Dampak positif keragaman masyarakat Indonesia selanjutnya dapat dilihat pada sektor pariwisata. Dimana saya bisa mengajak wisatawan dan turis asing yang ingin mengenal budaya masyarakat Indonesia? Mereka semua unik dan menarik. Contohnya budaya masyarakat Bali yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke Bali untuk berlibur.

Meningkatkan perekonomian masyarakat

Keragaman budaya yang Anda miliki juga dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Anda. Hal ini dikarenakan banyaknya kunjungan wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke daerah tersebut. Misalnya, ketika wisatawan berkunjung ke Bali, mereka membeli oleh-oleh dan oleh-oleh. Di sini Anda juga dapat memperkaya dan meningkatkan kehidupan masyarakat. 

Dampak Buruk

Apa dampak negatif terhadap keragaman masyarakat Indonesia? Dimulai dengan adanya kompetisi dan diakhiri dengan konflik, primitivisme, kemungkinan etnosentrisme, dan fanatisme. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai dampak negatif keragaman sosial di Indonesia.

Peluang Konflik

Dampak negatif keberagaman terhadap masyarakat Indonesia adalah setiap individu memiliki peluang besar untuk menimbulkan konflik. Karena keragaman masyarakat Indonesia, potensi konflik, konflik, gesekan dan berbagai perpecahan dapat terjadi. 

Munculnya Sikap Primitivis

Sikap ini tumbuh dan memanifestasikan dirinya dalam diri setiap individu. Dengan demikian, Anda harus memiliki pandangan bahwa seseorang akan mempertahankan sikap ini. Tentang hal-hal dasar yang saya kenakan sejak saya lahir. Misalnya, tradisi, budaya, adat istiadat, kepercayaan, kepercayaan, dll.

Ini dicatat dan memberikan dasar dan pedoman untuk tindakan dan tindakannya dalam masyarakat.

Etnosentrisme baru

Sikap ini dapat berdampak buruk terhadap keberlangsungan kehidupan masyarakat di Indonesia.

Pandangan ini mengandaikan bahwa kelompok etnis lebih unggul dari kelompok etnis lain di dunia.

Sifat dan Sikap Fanatisme Berlebihan di Masyarakat

Selanjutnya, pengaruh negatif adanya keberagaman di Indonesia yaitu mengenai paham fanatisme. Yang mempunyai arti bahwa paham yang berpegang teguh secara berlebihan.
Dimana keyakinan yang dipegang sendiri dan menganggap bahwa keyakinan orang lain atau keyakinan yang lainnya tidak benar dimata seseorang tersebut. 

Bisa saja menjadi penghambat kemajuan

Terakhir, keragaman suku, agama, dan sebagainya. Tentu saja dapat menimbulkan hambatan atau hambatan. Ia dapat menjadi penghambat dan penghambat kemajuan masyarakat, atau penghambat kemajuan negara Indonesia itu sendiri. Oleh karena itu, di atas pembahasan dan penjelasan materi tentang dampak keberagaman dalam masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku masyarakat Indonesia.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain