Olahraga Sebagai Salah Satu Potensi Bangsa!

Olahraga Sebagai Salah Satu Potensi Bangsa! - Dalam benak kita, olahraga adalah hal yg mungkin gampang buat dilakukan. Namun pernah ngga Sobat Bangsa
Olahraga Sebagai Salah Satu Potensi Bangsa! - Dalam benak kita, olahraga adalah hal yg mungkin gampang buat dilakukan. Namun pernah ngga Sobat Bangsa berfikir kalo olahraga ini adalah sektor yg bisa sebagai potensi bangsa kita buat lebih maju?

Olahraga Sebagai Salah Satu Potensi Bangsa!

Iya benar, olahraga memang poly jenis & cabornya, namun tiap cabornya punya keunggulannya buat mengaharumkan nama Indonesia.

Yuyk kita bahas bersama aja!

Indonesia & Peran Industri Olahraga

Apabila kita amati secara sekilas saja, potensi industri olahraga Indonesia sebetulnya relatif akbar . Sebagai contoh, perserikatan sepak bola pada Indonesia jauh lebih ramai penontonnya bila kita bandingkan menggunakan perserikatan sepak bola Swiss, & supporter sepak bola pada tanah air jauh lebih “fanatik” dibandingkan supporter Swiss.

Itu baru sepak bola saja, belum menjelaskan aneka macam olahraga lainnya yg nir kalah banyakpenggemarnya. Setiap kali Indonesia sebagai tuan tempat tinggal perhelatan olahraga nasional juga internasional, hampir selalu bisa dipastikan bahwa jumlah penonton & minat rakyat sangat tinggi. Secara infrastruktur pun, kita nir ketinggalan menggunakan negara-negara lain.

Masyarakat Indonesia pula mulai menyadari pentingnya olahraga. Kita bisa melihat bahwa waktu ini semakin poly orang yg senang jogging atau lari, sebagai akibatnya telah poly event-event lari yg bermunculan. Di tengah era digital ini, olahraga elektronika atau yg lebih dikenal menggunakan e-sport pun telah termasuk cabang olahraga yg nir kalah diminati sang para milenials Indonesia.

Dengan demikian, bila kita jajak sebenarnya poly sekali potensi yg sanggup dikembangkan pada industri olahraga nasional sebagai akibatnya bisa menyesuaikan menggunakan perkembangan zaman.
Nampaknya, Indonesia wajib mulai menyadari bahwa industri olahraga ini bisa menaruh sumbangsih yg nir mini terhadap perekonomian nasional. Sejauh ini, belum masih ada data resmi terkait sumbangan sektor olahraga terhadap PDB Indonesia.

Kesadaran buat melihat bahwa sektor ini bisa berkontribusi buat pertumbuhan ekonomi nampaknya wajib mulai dimunculkan. Apalagi, bila berbicara mengenai olahraga, antusiasme rakyat Indonesia terhadap aneka macam jenis olahraga nir perlu diragukan sebagai akibatnya potensi industri olahraga ini perlu dipertimbangkan buat dikembangkan secara lebih lanjut.

Dalam konteks nasional, kita sudah berhasil sebagai tuan tempat tinggal ajang ASIAN GAMES 2018 yg sudah terselenggara menggunakan baik, menggunakan prestasi nasional yg nir kalah membanggakan. Selain itu, kita pula tengah bersiap-siap pada sebagai tuan tempat tinggal ajang Moto GP 2021 pada Lombok, & planning penyelenggaraan ajang balap Formula E pada Jakarta, dan tentunya tuan tempat tinggal Piala Dunia Sepak Bola U-20 2021.

Berbagai ajang tadi kiranya bisa kita jadikan momentum beserta buat berbagi industri olahraga Indonesia, & melihat potensinya yg akbar buat sumbangsih terhadap ekonomi nasional.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Indonesia menjadi negara akbar sanggup & mampu sebagai tuan tempat tinggal yg baik buat ajang-ajang olahraga yg bersifat regional juga internasional. Berbagai keberhasilan Indonesia menjadi tuan tempat tinggal pun mendorong kita buat mencalonkan diri menjadi tuan tempat tinggal ajang olahraga bergengsi yaitu Olimpiade.

Tahun lalu, kami telah menyerahkan surat Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) secara langsung di kota Lausanne, Swiss, yang menyatakan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032.

Selama ini, mindset kita di bidang olahraga adalah untuk meningkatkan prestasi para atlet nasional agar tidak kalah saing dengan negara-negara lain, tanpa melihat olahraga sebagai sebuah “industri” yang menjanjikan.

Mengingat olahraga seringkali dapat menjadi “sarana” pemersatu bangsa, maka sinkronisasi program antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam pengembangan industri olahraga kiranya perlu dilakukan agar ke depannya kita dapat melihat sumbangsih sektor dan industri olahraga yang nyata terhadap perekonomian nasional, serta memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain