Sepatu Sebagai Potensi UMKM di Mojokerto!

Sepatu Sebagai Potensi UMKM di Mojokerto - Seperti yang kita ketahui, sepatu merupakan produk unggulan kota Mojokerto dan kini mulai bisa menembus pas
Sepatu Sebagai Potensi UMKM di Mojokerto - Seperti yang kita ketahui, sepatu merupakan produk unggulan kota Mojokerto dan kini mulai bisa menembus pasar global. Terakhir, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan inkubasi sepatu bagi para pengusaha baru. 

Sepatu Sebagai Potensi UMKM di Mojokerto!

Kali ini acara dilaksanakan di Gedung Bahan Baku Srodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. Sedikitnya 75 peserta mengikuti pelatihan untuk menyebarluaskan informasi tentang produk UKM. 

Pelatihan dibagi menjadi dua gelombang oleh staf nara sumber di Studio Yogyakarta Veraniusaha (SBU). Dan peserta yang mengikuti inkubasi adalah warga yang terdampak secara finansial akibat pandemi Covid-19. Pendaftaran dimulai pada tahun 2020. Dan tahun ini, 200 orang telah diverifikasi. Dari data Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mojokerto, ada 342 peserta yang terdaftar dan hasil validasi Disperindag sebanyak 200 peserta. 

Namun, atas undangan, pelatihan dikurangi menjadi 75 orang dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi 1 diikuti oleh 40 warga Desa Prajurit Kulon dan Bloto di Kecamatan Prajurit Kulon. Sementara itu, sesi kedua dihadiri 35 orang. Mereka adalah warga Desa Prajurit Kulon dan Miji Kecamatan Magersari, serta Desa Prajurit Kulon dan Kedundung. 

“Produksi sepatu sendiri merupakan salah satu produk unggulan UMKM lokal di kota Mojokerto. Baik sepatu maupun sandal, produk ini menguasai pasar domestik dan internasional. Seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan banyak lainnya,” kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Senin (10 April 2021). 

Sementara itu, Ning Ita (panggilan akrabnya) mengatakan akan memberdayakan wirausahawan baru yang masih konsisten membuat sepatu anak. Sepatu anak-anak juga akan diberikan kepada siswa secara gratis sebagai bagian dari program pendidikan gratis.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain