Strategi Bertahan Hidup Pelaku UMKM Pariwisata

Strategi Bertahan Hidup Pelaku UMKM Pariwisata - Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan sektor penting dalam hal kesempatan kerja dan sumber
Strategi Bertahan Hidup Pelaku UMKM Pariwisata - Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan sektor penting dalam hal kesempatan kerja dan sumber pendapatan bagi masyarakat miskin, dan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan juga berperan dalam kesejahteraan keluarga yang bergantung pada keberadaannya sebagai UMKM. 

Strategi Bertahan Hidup Pelaku UMKM Pariwisata

Coronavirus Disease 2019 (COVID19) yang terjadi di Indonesia pada bulan Maret 2019 lalu, berdampak pada sektor sosial, ekonomi, pendidikan, dan pariwisata. Dampak ekonomi dan pariwisata dari pandemi Covid-19 juga dirasakan oleh para pelaku UMKM di sektor pariwisata.

Dampak pandemi Covid-19 terhadap penjual suvenir di objek wisata adalah penurunan jumlah pengunjung dan wisatawan, penurunan pendapatan dan penjualan yang signifikan, serta penurunan tajam jumlah karyawan dan pekerja. Untuk itu, diperlukan strategi survival agar wisatawan UMKM, seperti oleh-oleh, dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mempertahankan eksistensi usahanya di masa pandemi Covid-19. 

Strategi Masyarakat dalam Bertahan Hidup

Pola hidup sederhana 

Pola Hidup sederhana dapat dilakukan masyarakat dengan cara membuat anggaran rumah tangga. Membuat list kebutuhan yang paling penting dahulu. Strategi juga dapat dilakukan dengan cara memproduksi barang penjualan dengan modal sekecil-kecilnya.

Strategi jaringan menggunakan jaringan sosial 

Dalam hal ini masyarakat dapat membuat atau mempererat tali jaringan mereka, entah dalam organisasi perkumpulan atau mencari pemodal baru yang lebih menjanjikan.

Membangun hubungan dengan lingkungan sosial dan kelembagaan.

Dalam membangun hubungan dengan lingkungan ini dibutuhkan interaksi dan komunikasi yang lebih intens. Dengan tujuan dapat makin memperkuat hubungan dan jaringan sosial dengan kepentingan shraing atau meminta bantuan pihak yang berada dalam kepentingan yang sama.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain