5 Jurusan yang Prospek Kerjanya di Perkantoran

5 Jurusan yang Prospek Kerjanya di Perkantoran

 

5 Jurusan yang Prospek Kerjanya di Perkantoran

5 Jurusan yang Prospek Kerjanya di Perkantoran - di perkantoran mungkin terkesan membosankan. Mengingat sebagian besar waktu bekerjanya dihabiskan dengan duduk di depan komputer. Namun dari sekian banyak prospek, jurusan yang prospek kerjanya di perkantoran masih menjadi pilihan favorit calon sarjana.
Rutinitas pekerja kantoran cenderung statis. Meski rutinitas yang dihadirkan monoton, kerja kantoran nampak menjadi pekerjaan ideal bagi banyak orang. Jangan-jangan kamu salah satu orang yang juga bercita-cita kerja di perkantoran ya? Memang apa sih menariknya kerja di kantor?

Mayoritas orang menganggap bekerja di kantor cenderung nyaman daripada tempat-tempat bekerja lainnya. Lingkungan kantor identik dengan ruangan ber-AC dengan fasilitas pendukung yang memadai. Bekerja di kantor juga tidak membutuhkan banyak tenaga tetapi memperoleh gaji yang lebih besar dari pekerjaan yang membutuhkan tenaga.

Wah kayaknya emang asik banget ya kerja di perkantoran. Nah pertanyaan selanjutnya, gimana sih caranya supaya bisa kerja di kantor? Untuk bisa bekerja di kantor tidak ada persyaratan yang gimana-gimana kok. Kamu cuma perlu menemukan cara untuk membuka peluang itu lebih besar.

Salah satu caranya melalui jurusan kuliah yang dipilih. Kami telah merangkum 5 jurusan yang punya prospek kerja di Perkantoran terbanyak. Kira-kira ada jurusan kamu nggak nih?

Mari kita simak detailnya berikut ini, ya!

Prospek Kerja di Perkantoran

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran adalah salah satu jurusan ilmu sosial yang mempelajari perencanaan dan pembayaran anggaran keuangan, serta pendapatan dari sebuah kantor atau perusahaan. Lulusan jurusan ini umumnya fasih berbahasa Inggris, mengetik menggunakan 10 jari, manajemen kearsipan, dan korespondensi.

Jurusan ini menjadi jurusan yang prospek kerjanya di perkantoran paling banyak. Sebab lulusannya sudah dipastikan bekerja di kantor. Mereka erat dengan komputer dalam melakukan pekerjaannya. Mayoritas dari mereka bekerja di perkantoran yang dikelola Pemerintah maupun swasta.

2. Perpajakan

Jurusan perpajakan termasuk jurusan dengan jenjang karir yang menjanjikan. Jurusan perpajakan juga menjadi jurusan yang prospek kerjanya di perkantoran. Jurusan ini makin populer setelah digalakkannya tax amnesty dan pajak pribadi oleh Kementerian Keuangan. Jurusan ini menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi ahli pajak.

Mereka akan bekerja di kantor Pelayanan Pajak untuk menjalankan beberapa fungsi. Fungsi-fungsi tersebut antara lain fungsi pelayanan, fungsi pengawasan dan penggalian potensi wajib pajak, serta konsultasi perpajakan.

Kantor bekerja lulusan jurusan ini pun tidak terbatas di lingkungan Direktorat Pajak. Kantor Kementerian Keuangan mulai dari Badan Kebijakan Fiskal, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dan Pusdiklat Pajak.

3. Ilmu Pemerintahan

Jurusan yang hampir mirip dengan jurusan ilmu politik ini, memiliki prospek kerja di kantor yang cukup tinggi.Jurusan ilmu pemerintahan mempelajari tentang manajemen organisasi publik yang menjalankan fungsi negara, seperti lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Lulusan jurusan ini dibekali pengetahuan politik, keterampilan negosiasi, dan public speaking.

Sesuai dengan namanya, prospek kerja jurusan Ilmu Pemerintahan terkait dengan birokrasi dan administrasi di kantor pemerintahan. Lulusan ilmu pemerintahan bisa bekerja sebagai aparat pemerintahan, staf legislatif, konsultan politik dan pemerintahan, dan aktivis LSM. Semua prospek kerja tersebut melakukan pekerjaannya di kantor.

4. Aktuaria

Jurusan Aktuaria ini kerap disebut “Matematika Asuransi”. Salah satu jurusan di rumpun saintek ini sedang booming di Indonesia.

Tahu nggak kenapa?

Sebab jurusan ini termasuk jurusan baru di Indonesia. Meski baru, prospek kerja jurusan ini tidak perlu diragukan. Lulusannya punya peluang besar menduduki posisi di kantor-kantor asuransi, perbankan, dan sejenisnya.

Selama perkuliahan mereka mengkombinasikan keuangan, ilmu matematika, statistika, pemrograman komputer, dan big data.

Lulusan jurusan Aktuaria mendapatkan ilmu yang merancang solusi dari masalah, pengelolaan risiko pada industri asuransi, investasi, perbankan, dana pensiun, dan jaminan sosial.

5. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika dikenal juga dengan nama jurusan programming. Sebab secara khusus mahasiswa jurusan teknik informatika mempelajari bahasa pemrograman untuk diaplikasikan ke komputer. Para lulusan jurusan ini bukan sekedar dapat mengoperasikan komputer, tetapi juga menciptakan teknologi baru.

Mereka dapat menempatkan posisi ahli IT di berbagai sektor industri. Kantor apapun, baik negeri maupun swasta membutuhkan tenaga ahli IT. Mereka dapat menjadi programmer, software engineer, web administrator, database engineer, game developer, atau konsultan IT.

Nah itulah jurusan yang prospek kerjanya di Perkantoran. Perlu diingat ya, gelar saja tidak cukup loh. Supaya cita-cita kerja di kantor bisa terwujud, kamu juga harus membekali dirimu dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan ya.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain