8 Ternak yang Menguntungkan dan Cepat Panen Untuk Usaha Kecil

8 Ternak yang Menguntungkan dan Cepat Panen Untuk Usaha Kecil ! Ada banyak Jenis ternak yang menguntungkan memang sangat menggiurkan bila dijalankan u

8 Ternak yang Menguntungkan dan Cepat Panen Untuk Usaha Kecil ! Ada banyak Jenis ternak yang menguntungkan memang sangat menggiurkan bila dijalankan untuk usaha beternak baik bidang peternakan atau perikanan. Namun banyak pertimbangan usaha yang memungkinkan usaha tidak mengalami kendala modal. Bagi pemulia, jenis ternak kecil untuk bisnis sampingan dengan modal kecil menjadi pilihan untuk usaha budidaya ternak yang menjanjikan walaupun usaha skala rumahan. Karena belum tentu usaha sampingan ternak bisa dijalankan dirumah dengan disanding dengan pekerjaan lainnya seperti pelajar atau mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan atau PNS yang memiliki kesibukan lebih.

8 Ternak yang Menguntungkan dan Cepat Panen Untuk Usaha Kecil

8 Ternak yang Menguntungkan dan Cepat Panen Untuk Usaha Kecil

Beternak kelinci

Kenapa kelinci, mungkin jika dipikir pikir pemeliharaannya akan rumit. Namun jika anda pernah memelihara jenis kelinci yang tahan penyakit seperti jenis rek, flamish giant, new zealand dan dutsh anda akan mengalami rasa senang ketika memanen hasil. Beternak kelinci sangatlah mudah, apalagi jika anda sudah berpengalaman dalam dunia usaha peternakan kelinci. Hasil yang didapat dari beternak kelinci adalah berupa anakan.

Beternak lele

Bisnis ikan memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis ternak ikan lele yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis ternak ikan lele ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mempelajari dahulu mengenai kharakteristik dari ikan yang akan di pelihara. Anda dapat menentukan jenis ikan apa yang djual dan siapa konsumennya nanti.

Beternak kroto

Semut rangrang atau semut kroto senang membuat sarang di pepohonan. Krotonya banyak dicari lalu dijualbelikan, misalnya sebagai pakan ocehan dan umpan memancing. Wajar jika kebutuhan kroto termasuk tinggi serta mudah dipasarkan dengan harga lumayan mahal.

Beternak jangkrik

Sama halnya denngan beternak kroto, beternak jangkrik pu mudah dilakukan dengan modal kecil. Peluang ini terbuka juga karena semakin banyaknya orang memlihara burung kicau. Jangkrik juga salah satu makanan favorit, terutama dalam hal merawat suara burung agar suaranya bagus. Anda cukup membeli bibit atau telur jangkrik kemudian dikembangkan dalam sebuah kotak cukup besar. Jangan khawtir sola makanan karena makanannya mudah dcari dan murah seperti daun kering, ubi ubian dan sayuran. Usaha beternak jangkrik juga sangat direkomendasikan jika anda memiliki modal kecil untuk memilih jenis ternak yang menguntungkan ini, apalagi jika penyuka burung kicau, mungkin banyak motivasi jika anda berusaha menjalankannya.

Beternak cacing

Mungkin anda berpikit buat apa ternak cacing? Karena cacing pun tanoa diternak juga mudah dicari di alam. Janganlah berpikir bgeitu semua bisa dijadikan usaha yang penting tidak merugikan orang lain. Cacing dibutuhkan untuk makanan ikan baik itu ikan hias seperti cupang atau ikan konsumsi seperti lele dan nila. Cacing yang bisa diternakan ialah jenis cacing lumbricus sp atau jenis cacing tanah. Unruk modal usahanya cukup murah karena hanya memerlikan tempat sederhana untuk rumah cacing fdan makananya pun tidak susah beli, karena bisa menggunakan kotoran ternak. Murah bukan?

Beternak burung kicau

Nah, setelah membahas makananya, sekarang membahas burungnya. Peluang usaha beternak burung kicau semakin cerah, ya banyak kontes kontes burung yang diadakan setiap bulannya secara berkala dengan menawarkan burung burung kualitas bagus untuk dilombakan. Menjadi seorang penangkar burung kicau mengkin menjadi pilihan alternatif karena selain mahal burung yang pelihara mendapat kesempatan juara akan membuka peluang burung anda mengalami peningkatan harga yang sangat drastis. Yuk usaha ternak yang menguntungkan burung kicau, ada kenari, murai lovebird dll.

Beternak entok

Entok adalah salah satu jenis unggas yang masih sangat jarang diusahakan secara besar atau dalam usaha skala besar.Hal ini menjadi kesempatan pemodal kecil untuk menjalankan usaha, berbeda unggas lainya seperti ayam yang sudah banyak diusahakan oleh pemodal besar. Mungkin tidak sebesar ayam penghasilannya, namun pertimbangan lainya adalah saingannya jarang, pakanya murah dan lebih tahan penyakit dibanding ternak ayam. Jadi, tidak salah jika mencoba usaha beternak entok skala rumahan untuk usaha sampingan.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain