Peluang Usaha Bidang Pertanian, Usaha Pupuk Organik

Peluang Usaha Bidang Pertanian, Usaha Pupuk Organik : Bisnis pertanian modern saat ini semakin tergantung pada pemakaian pupuk. Hal itu sejalan denga

Peluang Usaha Bidang Pertanian, Usaha Pupuk Organik : Bisnis pertanian modern saat ini semakin tergantung pada pemakaian pupuk.  Hal itu sejalan dengan adanya peningkatan produksi pertanian melalui penggunaan varietas bibit unggul yang membutuhkan pupuk lebih banyak. 

Peluang Usaha Bidang Pertanian, Usaha Pupuk Organik

Peluang Usaha Bidang Pertanian, Usah

Produksi pertanian yang tinggi tentunya tidak dapat diperoleh tanpa penggunaan pupuk. Semakin tinggi kebutuhan pupuk diiringi kenaikan harga eceran tertinggi pupuk kimia menjadikan peluang pupuk organik sebagai pilihan alternatif.  

Peluang usaha pupuk organik merupakan bisnis yang menjanjikan, karena permintaannya semakin meningkat. Seiring dengan perkembangan pertanian organik, sampah organik bisa diubah menjadi pupuk organik yang memiliki keuntungan.  

Untuk proses pengolahan sampah organik menjadi kompos tidak rumit dan bisa dilakukan skala rumahan ataupun skala industri.  Keuntungan dari usaha ini menjadi sangat terbuka untuk siapa saja. Sehingga peluang usaha pengolahan sampah organik tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan pupuk organik, melainkan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan. 

Sampah organik kalau diolah dengan baik bisa menjadi pupuk kompos yang mempunyai kualitas tinggi. Dengan begitu paling tidak sudah bisa mengatasi masalah kebersihan sampah yang dihadapi pasar tradisional yang mampu menghasilkan produk berkualitas dan bernilai ekonomis. Sekarang ini harga pupuk organik di pasaran berkisar Rp 1000-2000.

Untuk pengeloaan kompos bisa mengolah 5 ton sampah organik menjadi 2 ton pupuk organik berkualitas tinggi. Selain itu juga menanggulangi kelangkaan pupuk dan lahan kritis, mengurangi biaya pengelolaan sampah, mampu menyerap tenaga kerja, dan mengurangi pemanasan global. 

Jadi pengelolaan sampah menjadi pupuk organik ini bisa memberikan beberapa solusi permasalahan sekaligus. Untuk membuat pupuk organik, bahan-bahannya bermacam-macam, ada yang dari tumbuhan dan kotoran hewan.

Post a Comment

© Harian Bangsa. All rights reserved. Developed by Jago Desain