Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Efek Positif dan Negatif Teknologi pada Anak-Anak

Saturday, November 19, 2022 | November 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-20T06:10:33Z
Efek Positif dan Negatif Teknologi pada Anak-Anak - Bukan rahasia lagi bahwa teknologi telah menjadi komponen tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara khusus, sangat jarang melihat anak-anak dan remaja tanpa perangkat digital di tangan ke mana pun kita pergi: restoran, ruang tunggu, taman, dan lainnya.

 
Teknologi pada Anak-Anak


Ketika Anda berbicara tentang Efek Positif dan Negatif Teknologi, pesatnya adopsi teknologi pada balita, anak-anak, dan remaja dalam kehidupan sehari-hari membuat banyak orang mempertanyakan dampaknya terhadap perkembangan mereka. Meskipun dampak negatif teknologi sering menjadi berita dan menjadi topik pembicaraan yang populer, teknologi juga semakin banyak digunakan dalam lingkungan pendidikan, seperti ruang kelas. Hal ini membuat banyak dari kita bertanya-tanya: apakah teknologi semuanya buruk?

Berikut adalah beberapa efek positif dan negatif teknologi terhadap anak-anak untuk dipertimbangkan:


Efek Positif Teknologi pada Anak-Anak Positif:


Meningkatkan Pembelajaran

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi telah diintegrasikan ke dalam ruang kelas untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak. Teknologi seperti Smartboards, kamera dokumen, Apple TV, dan bahkan printer 3D sekarang digabungkan ke dalam pelajaran pendidikan untuk meningkatkan kolaborasi dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan peningkatan kolaborasi di kelas, guru dan siswa telah meningkatkan kreativitas dan peluang pembelajaran berbasis proyek yang membuat pengajaran akademis lebih bermakna.


Menumbuhkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Pernahkah Anda mendengar istilah "mode bertahan hidup"? Ini adalah fungsi gameplay di banyak video game anak-anak di mana pemain ditugaskan untuk tetap hidup selama mungkin untuk bertahan lebih lama dari lawan. Misalnya, dalam gim video populer Minecraft , pemain dijatuhkan ke lingkungan baru dan berbeda dan harus segera membangun tempat berlindung dan mengumpulkan barang-barang seperti makanan, untuk bertahan dan hidup lebih lama dari lawan mereka. Belum lagi, sepanjang hari di Minecraft hanya berlangsung 10 menit, jadi pemain harus membuat keputusan yang baik dengan cepat.

Mengembangkan Pemimpin Teknologi Masa Depan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masa depan kita terletak pada banyak teknologi yang muncul saat ini. Di tahun-tahun mendatang, keterampilan teknis akan menjadi lebih penting di tempat kerja, serta dampaknya yang semakin besar pada kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat terbesar dari memaparkan anak-anak pada teknologi adalah kenyataan bahwa mereka akan dipersiapkan dengan baik untuk terjun ke dalam kumpulan pekerjaan teknologi dengan bayaran tinggi yang tersedia.

Efek Negatif Teknologi pada Anak-Anak:


Mengurangi Hubungan dan Keterampilan Sosial

Karena anak-anak semakin sering menggunakan perangkat seluler, mereka lebih cenderung terhubung secara virtual dengan keluarga dan teman, daripada menghabiskan waktu bersama secara fisik; mereka lebih cenderung mengirim pesan teks, mengobrol di media sosial, atau terhubung melalui game online daripada benar-benar bertemu mereka secara langsung.

Merangsang Masalah Kesehatan

Penggunaan perangkat seluler yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan anak-anak, karena semakin sering mereka menggunakan perangkat seluler, semakin sedikit aktivitas fisik yang mereka lakukan. Selain itu, ketika anak-anak memilih untuk bermain di perangkat mereka daripada aktivitas fisik, mereka sering kali menyandingkan aktivitas mereka dengan ngemil sembrono dan kebiasaan tidak sehat lainnya.

Mengurangi Kualitas Tidur

Sebuah studi mengemukakan bahwa anak-anak dan remaja yang menggunakan media sebelum tidur memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk tidak cukup tidur di malam hari. Lebih jauh lagi, memiliki akses ke perangkat media di lingkungan tidur mereka, meskipun perangkat tidak digunakan secara aktif di dekat waktu tidur, juga dikaitkan dengan jumlah waktu tidur yang tidak memadai. Demikianlah Artikel tentang Efek Positif dan Negatif Teknologi pada Anak-Anak semoga bermanfaat terima kasih.