Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sisi Positif dan Sisi Negatif dari Kendaraan Listrik

Sunday, November 20, 2022 | November 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-21T00:00:00Z

Sisi Positif dan Sisi Negatif dari Kendaraan Listrik! Sudah beberapa tahun ke belakang penggunaan energi dari fosil yang dilakukan secara terus menerus mulai dibahas dan dicari langkah solusinya. Banyak kemudian yang membicarakan mengenai energi alternatif sebagai pilihan lain.

Bahan bakar kendaraan yang akan digantikan dengan listrik, contohnya. Bahkan tahun 2021 hingga 2024 nanti, pemerintah telah memberikan target penggantian kendaraan listrik untuk kedinasan. Pengalihan ini sebagai gerakan untuk menghentikan penggunaan bahan bakar dari fosil.

 

Sisi Positif dan Sisi Negatif dari Kendaraan Listrik
Sisi Positif dan Sisi Negatif dari Kendaraan Listrik

Pandangan Positif dari Kendaraan Listrik


Menurut teorinya, dasar perbedaan antara kendaraan berbahan bakar fosil dengan listrik adalah melalui proses perubahannya menjadi energi kinetik. Pada kendaraan listrik, energi tersimpan secara kimia dan melepaskannya melalui proses elektrokimia dalam baterai lithium-ion. Sehingga dalam prosesnya tidak ada pembakaran apapun. Oleh karena itu, tidak polusi udara yang dikeluarkan. Berikut sisi positif dari kendaraan listrik.


Tidak Ada Polusi Udara yang Dihasilkan

Penggunaan kendaraan listrik tentunya tidak akan menggunakan bahan bakar apapun, sehingga tidak ada polusi udara yang dihasilkan. Menggunakan kendaraan listrik juga akan lebih ramah terhadap telinga, karena suara mesin yang dihasilkan lebih smooth dan tidak berisik. Berbeda dengan kendaraan konvensional yang biasa dipakai.


Lebih Hemat Biaya

Sisi positif dari kendaraan listrik berikutnya adalah biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Karena dengan menggunakan kendaraan listrik, tentunya tidak perlu lagi membeli bahan bakar secara berkala. Ditambah juga sekitar 80% kendaraan listrik lebih dapat menghemat energi karena dapat diisi ulang. Tentunya berbeda dengan menggunakan kendaraan konvensional yang perlu mengeluarkan biaya setiap kali bahan bakar habis.

Selain itu, dalam kendaraan listrik pun tidak perlu adanya perawatan secara berkala sehingga biaya dikeluarkan tidak banyak. Berbeda halnya dengan kendaraan biasa yang perlu perawatan karena selama pemakaiannya mesin perlu dirawat. Hal ini karena banyak komponen yang bergerak selama digunakan, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan.


Lebih Efisien

Karena kendaraan listrik kebanyakan menggunakan baterai, maka sisi positif dari kendaraan listrik berikutnya adalah akan lebih efisien dan fleksibel terutama dalam ruangnya. Karena dengan begitu, bentuk kendaraannya pun bisa jadi lebih kecil dibandingkan bentuk kendaraan biasanya. Selain itu juga, terdapat post untuk mengisi ulang baterai, sehingga akan lebih praktis jika baterai pada kendaraan listrik habis.


Sisi Negatif dari Kendaraan Listrik

Dari beberapa sisi positif dari kendaraan listrik, ternyata terdapat beberapa sisi negatif dari kendaraan listrik, yaitu seperti berikut.
Sisi Negatif dari Kendaraan Listrik: Jarak dan Waktu Ketika Pengisian Ulang Baterai

Kekurangan atau sisi negatif dari kendaraan listrik adalah tidak bisa menempuh jarak yang sangat jauh seperti kendaraan biasa. Jarak tempuh ini akan berpengaruh terhadap kapasitas baterai sendiri, tentunya hal ini perlu ada upgrade. Selain itu, pengisian ulang baterai agar mencapai kapasitas maksimum perlu waktu yang tidak sebentar.

 

Memiliki Keterbatasan Perihal Kecepatan

Kendaraan listrik memiliki kecepatan yang terbatas meskipun torsinya melimpah karena tenaga yang disalurkan langsung. Hal ini karena mesin pada kendaraan listrik tidak bisa diubah-ubah seperti pada kendaraan biasa. Jika hal tersebut dipaksakan maka bisa terjadi kebakaran.


Biaya Kendaraan Listrik Lebih Mahal

Sisi negatif dari kendaraan listrik yang terakhir adalah harga baterai kendaraan listrik tentunya juga memiliki masa pemakaian, oleh karena itu perlu diganti secara berkala. Dimana harga penggantinya cukup mahal. Bahkan biasa kendaraan listrik sendiri pun juga mahal dibandingkan kendaraan biasa.

Itulah beberapa sisi positif dan sisi negatif dari kendaraan listrik yang bisa diperhatikan. Hal ini tentunya perlu ada pertimbangan lagi terkait baterai yang digunakan pada kendaraan listrik. Karena meskipun awalnya ingin mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, tentunya perlu dicari solusi lain yang juga tidak merugikan lingkungan akibat limbah yang dihasilkan. Misalnya seperti penggunaan panel surya sebagai sumber listriknya.