Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sudah Tahu Dampak Investasi? Simak Sisi Positif dan Negatifnya!

Tuesday, November 22, 2022 | November 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-22T13:26:06Z
Sudah Tahu Dampak Investasi? Simak Sisi Positif dan Negatifnya! Pada dasarnya, investasi memegang peranan yang sangat penting terutama bagi pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Tidak mengherankan jika kegiatan investasi tersebut juga berlaku di Indonesia bahkan Indonesia memiliki undang-undang yang khusus mengatur tentang persoalan investasi.

Hakikatnya, investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal baik oleh perorangan maupun perusahaan dengan harapan pada suatu masa pihak yang menanamkan modal tersebut dapat memperoleh sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal. Meski demikian, di balik dampak positif tersebut, investasi tentu juga memiliki pengaruh negatif.

Sudah Tahu Dampak Investasi? Simak Sisi Positif dan Negatifnya!
harianbangsa.com : Dampak  Positif dan Negatifnya Investasi

Dampak Investasi yang Bersifat Positif

Kegiatan investasi sejatinya dapat dilakukan dengan cara menanamkan modal dalam negeri maupun menanamkan modal asing. Kedua hal itu sama-sama telah dijelaskan aturannya dalam UU. No. 25 Tahun 2007. Adapun dampak investasi dari segi positif di antaranya, yaitu.

Bagi Masyarakat

Kegiatan investasi hakikatnya dilakukan dengan cara menjalankan usaha di suatu negara. Pendirian usaha baru tersebut tentu membutuhkan tenaga kerja sehingga bisa dikatakan bahwa dampak positif pertama dari adanya kegiatan investasi adalah terciptanya lapangan pekerjaan. Maka, bagi masyarakat yang masih menganggur bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh pendapatan.

Selain itu, terjadinya alih teknologi juga termasuk dampak investasi yang bersifat positif. Hal itu terjadi karena pada kegiatan penanaman modal khususnya modal asing melibatkan setidaknya dua negara, misalnya saja antara Jepang dengan Indonesia. Dari hal itu, maka masyarakat Indonesia yang menjadi tenaga kerja dapat berkesempatan untuk mengetahui sekaligus mempelajari berbagai perkembangan teknologi yang ada di Jepang.

Tidak hanya itu, adanya kegiatan penanaman modal atau investasi juga menyebabkan semakin banyaknya barang yang tersedia di pasaran. Pada akhirnya, keberadaan berbagai barang tersebut membuat masyarakat semakin dimudahkan untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Bagi Negara

Tidak bisa dimungkiri, dampak investasi dapat mendorong terjadinya peningkatan pada pendapatan negara. Apalagi jika semakin banyak perusahaan asing yang beroperasi di suatu negara, maka otomatis hal itu juga akan menambah jumlah penerimaan pajak yang akan diterima oleh negara tersebut.

Jika pendapatan suatu negara mengalami peningkatan, maka otomatis hal itu juga akan berdampak baik pada perekonomian di negara tersebut. Pada akhirnya, jika perekonomian berjalan baik, maka akan berpengaruh ke sejumlah bidang lainnya. Misalnya saja, negara bisa memperbaiki kualitas pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur dengan lebih baik.

Dampak Negatif Investasi

Meski kegiatan penanaman modal atau investasi memiliki sejumlah pengaruh positif yang dapat dirasakan tidak hanya bagi negara melainkan juga bagi masyaraka. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa di balik dampak investasi yang bersifat positif tersebut tentu masih ada sejumlah pengaruh negatif yang akan ditimbulkan di antaranya, yaitu

Kurang Terurusnya Sektor Non-Industri

Umumnya, kegiatan investasi khususnya pada penananam modal asing dilakukan pada sektor industri. Dikarenakan sektor industri biasanya menjanjikan pendapatan yang lebih tinggi, maka hal itu mendorong banyak masyarakat akhirnya lebih memilih untuk bekerja di sana. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kekurangan tenaga kerja pada sektor non-industri seperti pertanian sehingga kegiatan pada sektor tersebut tidak lagi terurus dengan baik.


Dampak Investasi Menyebabkan Terjadinya Pencemaran Lingkungan

Pada dasarnya, kegiatan investasi pada sektor industri menyebabkan terjadinya peningkatan pada produksi limbah. Hal itu tentu saja dapat mengakibatkan lingkungan semakin tercemar. Mulai dari pencemaran sungai, tanah, hingga udara. Pada akhirnya, dampak investasi tersebut akan mengganggu keberlangsungan hewan dan tumbuhan bahkan manusia itu sendiri.

Demikian informasi tentang dampak investasi baik dari sisi positif maupun negatif. Masyarakat dan utamanya pemerintah tentu perlu berusaha untuk pandai-pandai dalam memanfaatkan berbagai pengaruh positif dari kegiatan investasi dan sedapat mungkin berupaya untuk mengurangi terjadinya hal-hal negatif akibat dari kegiatan investasi tersebut.